andreecoin
andreecoin
andreecoin
@andreecoin
WROCKSHOP LAMPUNG Sunday May 13 2018, 7:05 PM
andreecoin
Artis atau Band
WROCKSHOP LAMPUNG
A BEGINNING..
Suatu waktu di sela2 lagi mengerjakan sebuah proyek rekaman di studio gw menerima pesan WA dari mas Bagus S Pribadi seorang budayawan kawakan di Lampung,isinya menawarkan saya buat mengikuti sebuah seminar music menggantikan beliau yang berhalangan,ada INDRA QADARSIH kata beliau langsung mengeluarkan jurus mematikan, seolah tau pasti tawaran itu niscaya amat sangat sulit gw tolak..jelas bagi seorang studio engineer seperti gw nama besar Indra Qadarsih udh layaknya seorang Tony Stark dalam dunia recording,mixing n mastering..gw inget banget dlu jaman sekolah saban beli kaset band atau penyanyi2 indonesia pasti ada nama Indra Q di cover Albumnya sebagai Mixing n Mastering Engineer nya..dahsyat..!!
Dan Oke tanpa fikir panjang langsung gw iyain tawarin tersebut

WROCKSHOP IS BEGIN..
Acara dimulai kamis pagi jam 09.00 di hotel Horison Bandar Lampung, gw tiba di lokasi jam 08.30 dan baru disana gw tau klo acara tersebut bertajuk WROCKSHOP dengan subtittle "Manajemen Bisnis Musik,Produksi dan Promosi Musik di Era Digital" acara ini digagas oleh BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) dan IMF l(Indonesia Music Forum) pembicaranya selain Indra Q yang udh ge ketahui dr awal ada juga Sandy "Pas Band",Baron Suprayogi,Massto Sidharta,Bens Leo,Arry Syafriadi, Buddy Ace, dan Viddy Supit..Cadazz..!!

Peserta Wrockshop ini berjumlah 80an orang terdiri dari berbagai kalangan baik itu musisi atau anak band, sound engineer,Event Organizer, jurnalis, budayawan hingga pengamat musik
Kami dibagi dua kelas A dan B yang nantinya akan bergantian mendapat materi yang sama selama 2 hari digelarnya Wrockshop ini,gw sendiri tergabung di kelas B


DAY 1..
Hari pertama di kelas B kami mendapatkan materi pertama dari salah seorang jurnalis musik paling berpengaruh di Indonesia Mas Bens Leo dengan topik membangun jaringan media massa industri musik era digital,materi dan diskusi berjalan seru penuh tanya jawab dari peserta yang seolah benar2 kehausan bernafsu menyedot semua ilmu dr Jurnalis Senior ini,namun ternyata 2 jam bukanlah waktu yg panjang,dtengah pembicaraan seru terpaksa dihentikan karena keterbatasan waktu

Materi kedua diisi oleh Mas Buddy Ace, tidak banyak yang gw tau dr sosok ini awalnya selain dia adalah kakak dr gitaris Slank Abdee Negara he he he..belakangan gw baru tau ternyata justru sosok inilah salah satu otak dibalik WROCKSHOP ini, bukan hanya karena dialah yg menemukan judul WROCKSHOP itu sendiri, namun konsep,gagasan,materi hingga narasumber2 acara ini adalah Hasil pemikiran Beliau ini..cool..!!
Di kelas ini Mas Buddy Ace memberi materi tentang Aktif Kreatif dan Produktif di Era Digital..edann ini kelass dr awal aja kita udh lgsg ditantang berfikir kreatif,dr mulai menebak keunikan dan filosofi poster WROCKSHOP hingga membuat Judul2 event dr singkatan2 alfabet yg dia tentukan,seruu dan menantang.
Salah satu yg paling mengena di hati gw adalah beliau juga berbicara tentang pentingnya Networking (Silaturahmi) dalam music,mendamaikan teman yg bertikai,ghirah dan cemburu positif dalam music..wuihh ini mah bukan hanya kepake di industri musik!! Di kehidupan sehari-hari pun penting..!!!
Dari mulutnya juga banyak keluar kisah2 nyata dari para musisi2 indonesia yg ga banyak org tau misalnya gimana usaha dia mendamaikam pertikaian antara Baron Dan Ekki Lamoh (Ex Vocalis Edane) atau upaya dia menyatukan Ahmad Dhani dan Bimbim Slank dan banyak kisah2 lain yg gw jamin ga bakal qt temuin di akun2 gosip macam Lambe Turah :)

Materi ketiga hari ini diisi oleh Arry Syaf,yg awalnya gw kenal sebagai vocalis Baron Soulmate, ternyata jauh sblm Baron Soulmate ni orang salah satu vocalis senior jugaa,kuper gw..dlu doi ternyata adalah Vocalis CYNOMADEUS sebuah band yg didirikan Maestro Gitar Indonesia EET SYAHRANI..
Selain vocalis ternyata doi adalah seorang Lawyer dengan spesialisasi Kasus2 Dalam Industri Musik spt hak cipta,royalti,kontrak dll.. ga heran klo materi yg dbawain doi pun mengenai itu..penting banget menurut gw, karena pelaku industri juga wajib melek dengan hal2 begini jangan sampai karya kita dmanfaatin orang lain tanpa qt mendapatkan bagian yang layak yg harusnya menjadi hak kita..

Hari pertama ditutup dengan Jam session antara pemateri dengan peserta untuk membuat sebuah lagu, cukup unik karena tema lagu dan lyric dsumbangkan kata perkata oleh peserta yang nantinya akan dirangkai menjadi sebuah lagu yang utuh

DAY 2..
Materi hari kedua diawali dengan kelas Baron Suprayogi yg qt kenal sebagai Ex gitaris GIGI dan Baron Soullmate, doi membawakan materi dengan Judul Optimasi Sound Gitar Dalam penciptaan Lagu dan Recording.
Dulu gw pernah baca sebuah artikel di majalah musik tentang gitaris2 terbaik di indonesia, dari mulai Ian Antono hingga Pay dan Eet Syahrani..dari daftar tersebut ada 2 yang gw sama sekali ga setuju yaitu Piyu "Padi" dan Baron.. gw bener2 ga faham kenapa 2 org ini bs masuk dkategorikan sebagai gitaris terbaik Indonesia..dan di Acara ini Salah satu pertanyaan gw tersebut akhirnya terjawab..saat Baron tampil membawakan komposisi intstrumen gitarnya.. gw sama sekali ga dsuguhin teknik tinggi selayaknya Eet Syahranie,Nada Super melodius layaknya Ian Antono atau pun permainan kecepatan tinggi seperti Firman Al Hakeem.. tp entah kenapa saat dia bermain gitar gw bener2 bs merasakan apa yg mau dia sampaikan melalui permainannya..bener2 bs kerasa di hati..dari pemilihan nada yg sederhana,soundnya yg cadaz,tone nya yg jelas dan yg paling gila itu powernya omaygatttt..!! Serasa itu neck gitar mau jebol ngeliat dia maen!! You rockkk Guyzz..!!!

Kelas berikutnya adalah kelasnya Sandy Andarusman atau lebih kita kenal dengan Sandy Pas Band
Kalo lah ada pemilihan Musisi paling Humble,Low Profile,Asyik,Rame,dan Lucu.. gw berani tarohan ini orang akan jadi salah satu nominasi atau bahkan juaranya..!!!
Dan belakangan gw tau kelebihan2 tersebutlah yg mengantarkannya di posisi sekarang,masih eksis hingga sekarang dengan jadwal yg cukup padat baik sebagai Drummer Pas Band,Clinician (Sandy Adalah Endrorser Drum dan Cymbal), penyiar Radio, Host TV dll ,multi talented guys..!!
Di sesi ini selain mempertontokan kehandalannya bermain drum Sandy juga berbagi pengalamannya dari awal berjuang membangun karir, hingga mulai sukses bersama UCAMP,kemudian hijrah ke PAS BAND hingga sekarang..bener2 sebuah kisah yg menginspirasi..bagaimana perjuangan dan jatuh bangunnya doi hingga bisa sukses seperti sekarang
Di Sesi Ini juga hadir Massto Sidharta.. seorang drummer senior sekaligus adik dari Bimbim Slank berbagi pengalaman dan cerita2 menginspirasi..gimana dlu dari perjuangan bandnya Kidnap Katrina, hingga perjuangan Band Slank dari awal terbentuk hingga jatuh bangun karena Drugs ,salah satu orang yang tau persis adalah Massto ini..!! Beliau juga yang bersama Bunda Iffet menopang Slank yang waktu itu nyaris runtuh..
Satu waktu Mas buddy Ace pernah berkelakar..kalian anak2 band WAJIB deket sama 2 orang ini..yg satu mas Viddy Supit dan yg satunya adalah Massto Sidharta karena 2 org ini adalah orang yg sekarang paling dburu anak2 band se Indonesia karena NETWORKINGNYA..!!!

Sesi terakhir dan sesi yang paling gw tunggu2 tentu aja sesi recording,mixing dan mastering di era digital yg diisi oleh Master Indra Q..
Indra Q dlu amat populer dan jadi pujaan anak2 muda sebagai keyboardis salah satu band terbesar dalam sejarah musik indonesia yaitu SLANK kemudian memilih mendirikan bandnya sendiri dengan Pay dan Bongky yaitu band BIP hingga sekarang..
Tangan dingin Indra Q dalam meracik Sound Track demi Track sudah tak diragukan lagi,hampir smw musisi indonesia baik band maupun solois yg mau mengeluarkan album mengidamkan sentuhan tangannya..
Ada sebuah hal yg amat sangat menarik dalam materi kali ini adalah sebuah pergeseran paradigma seorang Indra Q yang dlu begitu identik dan fanatik dengan teknologi Analog dengan Hardware2 mahal berkelas,rak2 effect bertumpuk, speaker2 monitor besar, sekarang bergeser ke teknologi digital yang simple dan jauh lebih murah..
Studio Indra Q yg dlu dikenal sebagai studio terbesar dan terlengkap dengan alat2 kelas 1..sekarang semua berganti menjadi sebuah Macbook Pro,SoundCard dan Headphone..!!!
"ANTISTUDIO" begitulah dia menyebut paradigma baru nya,
Saat kami didengarkan bagaimana hasil produksi studio "1,6 milyar"nya dahulu dengan hasil produksi "studio" baru mininya yg klo ditotal ga sampe sepersepuluh harga studio lamanya tsb mau ga mau kami menjadi tercengang..!! Hampir tak ada beda nya..bahkan di beberapa aspek terasa lebih lebar dan clean..edann ni org bener2 jenius..!!
Lagi dan lagi dan lagi kehausan akan ilmu terbentur pendeknya waktu..2 jam nyaris tak terasa sudah habis..!!
Acara ditutup dengan jam session kembali mematangkan lagu karya kolaborasi antara musisi Lampung dengan para pemateri dan diilanjutkan dengan Pertunjukan kolaborasi band dan music tradisional Lampung yang keren..!!
Ah semoga acara keren begini bisa diadakan lagi dan lagi..see u next event..!!